Inilah Bahayanya Tak Membersihkan Make Up Sebelum Tidur

Tak jarang kita merasa kecapekan setelah seharian beraktivitas. Begitu sampai rumah rasanya ingin segera merebahkan diri dan beristirahat. Kadang, karena terlalu capek kita jadi lupa atau merasa malas membersihkan make up sebelum tidur.

Anda pasti pernah juga tidur dalam kondisi masih memakai make up meski hanya sekali atau dua kali. Meski tak sering, kebiasaan seperti ini sebenarnya berbahaya buat kulit wajah anda lho. Meski membersihkan muka terkadang terasa panjang prosesnya dan membosankan, kegiatan ini sangat esensial apabila anda ingin memiliki kulit wajah yang sehat, bebas dari masalah, serta awet muda.

Tidur tanpa membersihkan make up sangat tidak dianjurkan oleh para dokter kulit, kecantikan, serta para dermatologist. Hal ini karena tidak membersihkan make up sebelum tidur akan memunculkan gangguan dan masalah pada kulit wajah. Berikut beberapa diantaranya :

  1. Penuaan Dini

Anda pasti pernah dengar kalau tak membersihkan make up sebelum tidur meski hanya sekali akan membuat kondisi kulit wajah menua 3 tahun?. Hal ini benar, bukan hanya sekadar mitos. Saat tidur merupakan waktunya kulit memperbarui sel-selnya. Dengan adanya make up di permukaan kulit maka bisa menghambat proses regenerasi kulit secara alami ini.

Selain mengakibatkan penuaan diri, kebiasaan buruk tak membersihkan make up sebelum tidur juga bisa membuat kulit rentan dan mengalami kerusakan.

 

  1. Muncul Jerawat dan Komedo

Ketika anda tidur tanpa membersihkan make up dulu, pori-pori kulit tersumbat karena tertutup dengan make up, kotoran, debu bersamaan dengan produksi minyak pada kulit wajah. Pori-pori kulit yang tersumbat ini pada akhirnuya akan memicu munculnya jerawat dan komedo.

 

  1. Kulit Kering

Kulit wajah biasanya mengalami penurunan hidrasi di malam hari. Makanya biasanya dianjurkan untuk selalu menggunakan pelembab di malam hari. Tapi gimana mau makai pelembab kalau wajah belum bersih dari make up?. Saat make up dan kotoran masih menempel di wajah, kulit tak bisa mengelola hidrasinya dengan baik. Akibatnya kulit pun menjadi kering.

 

  1. Mudah Iritasi

Bahan kimia yang terkandung dalam make up, baik dalam jumlah yang banyak maupun sedikit akan terserap ke dalam kulit wajah ketika anda tak membersihkan make up sebelum tidur. Ditambah dengan tumpukan debu, kotoran, dan polusi maka akan membuat kulit anda mudah iritasi serta meradang.

 

  1. Muka Kusam

Saat anda tak membersihkan make up sebelum tidur, sel-sel kulit mati menumpuk di kulit wajah bercampur dengan kotoran dan debu. Hal ini akan membuat kulit wajah anda kusam dan tak bercahaya.

 

  1. Bibir Kering dan Mengelupas

Tak cuma make up wajah saja yang perlu dibersihkan sebelum tidur tapi juga bibir. Bibir adalah bagian wajah yang paling sensitif. Kandungan bahan kimia pada lipstik bisa mempercepat pigmentasi bibir alias membuat bibir menghitam. Saat anda tak membersihkan sisa lipstik, bibir anda akan menjadi cepat kering, mengelupas serta menghitam. Karena itu jangan lupa untuk selalu membersihkan make up bibir sebelum tidur, pakai lib balm untuk menjaga kelembabannya, serta melakukan scrub bibir 1x seminggu.

 

  1. Bulu Mata Rontok

Apabila lem bulu mata palsu dan maskara tak rutin dibersihkan sebelum tidur, maka bisa membuat bulu mata mudah rontok. Selain itu sisa eyeshadow dan maskara yang masih menempel di sekitar mata beresiko menyumbat lubang air mata, masuk ke dalam mata, hingga akhirnya muncul infeksi.

 

Serem banget bukan akibat tak membersihkan make up sebelum tidur?. Sebelum hal-hal di atas terjadi pada anda, sebaiknya sempatkan waktu beberapa saat untuk membersihkan make up sebelum tidur. Anggap saja hal ini merupakan investasi jangka panjang untuk kulit wajah yang sehat dan awet muda. Pilih pembersih muka yang telah terbukti efektif mengangkat semua sisa make up bahkan yang paling berat sekalipun. Sebaiknya cari juga pembersih muka 2in1 yang praktis sehingga tak banyak menyita waktu istirahat anda.

 

Pembersih muka 2 in 1 yang telah terbukti ampuh membersihkan muka dari make up hingga ke lapisan terdalam kulit adalah Oil To Foam dari Dermaster Clinic Indonesia, yang telah lama dipercaya sebagai klinik kecantikan terbaik di Indonesia. Oil to Foam merupakan solusi cepat untuk membersihkan wajah sekaligus menghapus make up secara instan. Anda pun tak perlu membersikan wajah beberapa kali dengan milk cleanser dan facial wash, cukup dengan Oil to Foam.

Kandungan oil di dalamnya efektif menjaga kelembaban kulit sementara foamnya akan membersihkan kulit dari sisa make up secara sempurna. Meski anda mencuci wajah sebanyak dua kali, Oil to Foam tetap terasa lembut di kulit dan tak akan menghilangkan minyak alami yang ada di wajah.

klinik kecantikan terbaik di indonesia

Kemampuan Oil to Foam membersihkan kulit hingga lapisan terdalam membantu menyiapkan kulit untuk menyerap toner, lotion, essence, serum, emulsion, dan krim agar terserap sempurna. Selain itu, jerawat juga berkurang dan dengan kulit wajah yang bersih maka otomatis akan mencegah munculnya jerawat baru.

Karena sifatnya yang praktis, Oil to Foam cocok digunakan saat anda traveling. Selain itu keefektifannya dalam membersihkan wajah membuat Oil to Foam direkomendasikan oleh dokter estetika terbaik di Indonesia.